Formulir Laporan Statistik Kecelakaan Kerja

|

Form Statistik Kecelakaan Kerja digunakan untuk mengukur tingkat kinerja K3 di tempat kerja yang berkaitan dengan kejadian kecelakaan/insiden kerja serta tingkat keparahan yang ditimbulkan.

Form ini kemudian digunakan untuk menentukan/merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk mengurangi angka kecelakaan/insiden kerja dan tingkat keparahannya.

Perhitungan statistik kecelakaan kerja meliputi

  1. Frequency Rate (Tingkat Keseringan)
    • Menentukan tingkat keseringan kecelakaan kerja / insiden kerja per 1.000.000 (satu juta) jam kerja orang.
    • FR = (Total Kasus Kecelakaan Kerja/Total Jam Kerja Orang) X 1.000.000
  2. Severity Rate (Tingkat Keparahan)
    • Menentukan tingkat hari kerja yang hilang karena kecelakaan kerja / insiden kerja per 1.000.000 (satu juta) jam kerja orang.
    • SR = (Total Hari Kerja Hilang karena Kecelakaan Kerja/Total Jam Kerja Orang) X 1.000.000
  3. Incident Rate (Tingkat Kejadian)
    • Menentukan prosentase tingkat terjadinya kecelakaan kerja untuk tiap tenaga kerja.
    • IR = (Total Kasus Kecelakaan Kerja/Total Tenaga Kerja) X 100%
  4. Average Time Lost Rate (Rata-rata Hilang Hari Kerja karena Kecelakaan Kerja)
    • Menentukan rata-rata hilangnya hari kerja karena kecelakaan kerja untuk tiap kasus kecelakaan kerja.
    • ATLR = (Total Hari Hilang karena Kecelakaan Kerja/Total Kasus Kecelakaan Kerja)
  5. Safe-T Score (Nilai Keselamatan Kerja)
    • Menunjukkan tingkat perubahan (peningkatan/perubahan) kinerja K3 yang berkaitan dengan kecelakaan kerja / insiden kerja.
    • Safe-T Score = (FR(n) - FR(n-1))/FR (n-1)
    • Keterangan:
      • FR(n) = Nilai FR saat ini.
      • FR(n-1) = Nilai FR waktu yang lalu.
      • STS antara +2,00 dan -2,00 tidak menunjukkan perubahan berarti.
      • STS diatas +2,00 menunjukkan keadaan memburuk.
      • STS dibawah -2,00 menunjukkan keadaan yang membaik.

Berikut adalah contoh sederhana form laporan statistik kecelakaan kerja :

Form Laporan Statistik Kecelakaan Kerja