Formulir Laporan Statistik Kecelakaan Kerja
Hebbie Ilma Adzim, S.ST Form dan Laporan K3 | Juli 01, 2021
Form Statistik Kecelakaan Kerja digunakan untuk mengukur tingkat kinerja K3 di tempat kerja yang berkaitan dengan kejadian kecelakaan/insiden kerja serta tingkat keparahan yang ditimbulkan. Form ini kemudian digunakan untuk menentukan/merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk mengurangi angka kecelakaan/insiden kerja dan tingkat keparahannya.
Perhitungan statistik kecelakaan kerja meliputi
- Frequency Rate (Tingkat Keseringan)
- Menentukan tingkat keseringan kecelakaan kerja / insiden kerja per 1.000.000 (satu juta) jam kerja orang.
- FR = (Total Kasus Kecelakaan Kerja/Total Jam Kerja Orang) X 1.000.000
- Severity Rate (Tingkat Keparahan)
- Menentukan tingkat hari kerja yang hilang karena kecelakaan kerja / insiden kerja per 1.000.000 (satu juta) jam kerja orang.
- SR = (Total Hari Kerja Hilang karena Kecelakaan Kerja/Total Jam Kerja Orang) X 1.000.000
- Incident Rate (Tingkat Kejadian)
- Menentukan prosentase tingkat terjadinya kecelakaan kerja untuk tiap tenaga kerja.
- IR = (Total Kasus Kecelakaan Kerja/Total Tenaga Kerja) X 100%
- Average Time Lost Rate (Rata-rata Hilang Hari Kerja karena Kecelakaan Kerja)
- Menentukan rata-rata hilangnya hari kerja karena kecelakaan kerja untuk tiap kasus kecelakaan kerja.
- ATLR = (Total Hari Hilang karena Kecelakaan Kerja/Total Kasus Kecelakaan Kerja)
- Safe-T Score (Nilai Keselamatan Kerja)
- Menunjukkan tingkat perubahan (peningkatan/perubahan) kinerja K3 yang berkaitan dengan kecelakaan kerja / insiden kerja.
- Safe-T Score = (FR(n) - FR(n-1))/FR (n-1)
- Keterangan:
- FR(n) = Nilai FR saat ini.
- FR(n-1) = Nilai FR waktu yang lalu.
- STS antara +2,00 dan -2,00 tidak menunjukkan perubahan berarti.
- STS diatas +2,00 menunjukkan keadaan memburuk.
- STS dibawah -2,00 menunjukkan keadaan yang membaik.
Komentar
Saya mau bertanya, untuk kolom "Normal" di isi dengan data apa ya pak ?
kemudian perbedaan Kolom "libur dan cuti" bagaimana pak ?
Balas Komentar
Ijin bertanya bapak, untuk yg angka yg 1 juta itu apakah standart nya itu sudah 1 juta atau bisa berubah mengikuti jumlah pekerjanya ya pak?
Balas Komentar
ijin bertanya pak. apakah bisa diterangkan lebih detail terkait angka" yang ada ditable. seperti angka yang ada ditable normal dapatnya dari mana?
dan kolom TK ini 1243 ini dapat dari mana. terima kasih mohon bantuannya
1243 bukannya tenaga kerja
Balas Komentar
saya mau tanya pak
- menghitung tk
- hari aktif
- jam kerja
- hari tk
- jam kerja -tk
mohon dibantu saya pak
Balas Komentar
ijin bertanya apakah ada file excel kah apakah saya boleh minta
Balas Komentar
Izin bertanya pak ..kalao misal terjadi kecelakaan mengakibatkan meninggal dunia..gmn perhitunganya pak iya..mohon di bantu
Balas Komentar
Izin bertanya untuk mendapatkan hasil TK dari mana ya?
Balas Komentar
Izin bertanya pak,, kolom 1/2 hari pada gambar ada angka angka,, itu dapat dari mana pak
Semua didapat dari data payroll (aplikasi mesin absensi).
Terima kasih pak
Balas Komentar
Permisi pak izin bertanya, untuk menghitung jumlah hari - TK dan jumlah jam kerja - TK itu bagaimana ua?
Balas Komentar
maaf mau menanyakan untuk hari hilang diisikan hari kerja satu personil/korban, atau ketika ada kecelakaan semua karyawan produksi berhenti??
Yang dihitung adalah jam kerja orang yang hilang akibat kecelakaan tersebut. Jika yang kehilangan jam kerja akibat kecelakaan ada 10 orang, maka dihitung jam kerja 10 orang.
Balas Komentar
Berbagi Sedekah
Jika pembaca suka dengan apa yang kami kerjakan dan ingin berbagi sedekah untuk penulis, maka bisa dengan memindai gambar kode QRIS kami atau unduh gambar kode QRIS kami. Pembaca juga dapat memberi sedekah melalui Paypal melalui tautan https://www.paypal.me/ilmaadzim.
Pembaca juga dapat berbagi sedekah ilmu dengan membagikan ilmu yang penulis pelajari dan sampaikan di dalam artikel ini secara luas dengan menekan tombol di ujung kanan atas layar gawai lalu pilih pilihan berbagi artikel yang dikehendaki.